Tuesday, 15 April 2008

Lokakarya Nasional CTI-CFF ke-2

Tanggal Event
16 April 2008
Tanggal Selesai
17 April 2008
Jam
WIB
Lokasi
Jakarta

Pertemuan yang berjalan selama dua hari tersebut telah berhasil merumuskan beberapa kesepakatan terkait dengan CTI-RPOA maupun keterkaitan antara CTI dengan kegiatan Regional terkait lainnya yaitu SSME dan BSSE. Beberapa point kesepakatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Untuk efektivitas waktu dan pembahasan action plan, sebaiknya dibentuk working group experts untuk merumuskan konsepnya dan hasilnya dikonsultasikan/dibahas dengan pihak-pihak terkait.
  2. Pembahasan climate change adaptation, diharapkan tidak hanya berfokus kepada adaptasi dampak terhadap terhadap laut tetapi juga memperhatikan adaptasi dampak yang timbul terhadap masyarakat di sekitarnya dan juga land based activities.
  3. Perlu ada kejelasan posisi dan mekanisme koordinasi inisitif-inisiatif yang sudah ada seperti SSME, BSSE, ATSEF terhadap CTI, meskipun dalam prinsip CTI sudah dinyatakan bahwa dalam implementasinya CTI mengoptimalkan inisiatif-inisiatif yang sudah ada.
  4. Dalam pelaksanaan CTI perlu ada kesamaan pemberlakuan hukum (apabila memungkinkan) terkait dengan pengelolaan sumberdaya maupun penegakan hukumnya, Misalnya setiap pelanggaran perusakan sumberdaya harus diatasi dengan policy dan mendapatkan hukuman yang sama/setara (policy and low enforcment). Untuk itu, standarisasi metode tangkap ikan tuna dan ikan hidup diantara Negara CTI menjadi sangat relevan.
  5. Dalam Institutional Arrangements, perlu dimasukkan hal-hal terkait dengan mekanisme pendanaan dan akuntabilitas pengelolaan dana kegiatan CTI.
  6. Terkait dengan aspek people empowerment perlu ditekankan bahwa kegiatan CTI ini harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar kawasan CTI, baik secara ekonomi maupun sosial.
  7. Semua Outcome dan Activities yang terdapat pada CTI Plan of Action harus terkait dengan misi CTI, yaitu: A proposal for a new multilateral partnership, to help safeguard the marine and coastal biological ,resources of the Coral Triangle region for future generations. Sehingga keberadaan kegaiatan CTI ini akan memberikan dampak positif baik secara ekonomi, sosial maupu ekosistem.

Untuk memudahkan dalam penyusunan dan pembahasan Action Plan, perlu disusun suatu matriks isu yang menggambarkan permasalahan-permasalahan untuk masing-masing aspek baik secara nasional, regional, dan internasional.