Thursday, 15 January 2015

Lokakarya Nasional CTI-CFF

Pertemuan ini bertujuan untuk monitoring kegiatan sekretariat dan Kelompok Kerja (Pokja) terkait implementasi NPOA CTI-CFF Indonesia.

Hasil yang didapat dari pertemuan rutin dan Evaluasi antara lain :
a. roadmap kegiatan sekretariat tahun 2012;
b. laporan kegiatan Pokja;
c. draft Keppres tentang Komite Nasional (Komnas) CTI-CFF Indonesia; serta
d. draft awal SCTR (State of Coral Triangle Report) yang merupakan laporan kondisi terkini sosial, ekonomi dan keadaan lingkungan.

Terdapat beberapa rekomendasi tindak lanjut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Terkait dengan operasional sekretariat dan tupoksi masing-masing anggota, kami akan merancang draft pembaruan dari Kepmen tentang Seknas CTI Indonesia serta Keppres Komnas CTI untuk dapat sesegera mungkin disahkan dan diterbitkan demi penguatan koordinasi antar anggota dan pihak terkait.
  2. Dalam rangka penyusunan dokumen SCTR, sesuai kesepakatan bersama akan diselenggarakan pertemuan Nasional pada Maret-Mei Tahun 2012.
  3. Menindaklanjuti rencana penyelenggaraan CTI-CFF Regional Business Forum (RBF) 2012 di Indonesia, kami akan berkoordinasi dengan Sekretariat Regional dan pihak terkait untuk persiapan lebih lanjut.
  4. Sehubungan dengan telah diterbitkannya Peraturan Presiden RI nomor 80 Tahun 2011 tentang Dana Perwalian, Sekretariat akan menjajaki kemungkinan Integrasi Penyiapan Trust Fund ke dalam kerangka CTI.

Melanjutkan kerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) terkait pelaksanaan Knowledge Management (KM), NGO Internasional (WWF, TNC, CI, dan CTC) serta beberapa lembaga pemerhati lingkungan skala Nasional yang tergabung dalam Jaring PELA (Jaringan Pesisir dan Lautan) untuk mendukung implementasi kegiatan terkait
NPOA CTI Indonesia.