Thursday, 15 January 2015

Lokakarya Nasional CTI-CFF

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan CTI-CFF Indonesia selama tahun 2012 dan membuat agenda kegiatan untuk tahun 2013 pasca the 8th CTI-CFF Senior Officials Meeting (SOM8) dan the 4th CTI-CFF Ministerial Meeting (MM4).

Adapun poin-poin penting pada sebagai berikut :

  1. Sekretariat Nasional CTI-CFF Indonesia telah melakuan berbagai pertemuan untuk memperkuat dan menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya CTI-CFF di daerah. Pertemuan tersebut diantaranya dengan Bappeda Sulawesi Utara dengan kesepakatan untuk memasukkan program CTI-CFF ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2013. Selain pertemuan tersebut, kami juga melakukan pertemuan serupa dengan Gubernur Maluku dengan menghasilkan kesepakatan mengusulkan suatu Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Maluku tahun 2013 untuk kegiatan CTI-CFF Indonesia.
  2. Indonesia melalui Sekretariat Nasional CTI-CFF telah mengirimkan Delegasi RI (DELRI) ke Pertemuan Financial resources Working Group (FRWG), Coordination Mechanism Working Group (CMWG), the 8th CTI-CFF Senior Officials Meeting (SOM8) pada tanggal 20-24 November 2012 di Kuala Lumpur, Malaysia dan the 4th CTI-CFF Ministerial Meeting (MM4) pada tanggal 26 November 2012.
  3. Pada tanggal 3-7 Desember 2012 telah diselenggarakan CTI-CFF Local Government Network (LGN) 2012 di Manila, Filipina. Pertemuan dimaksud bertujuan membahas aliansi asosiasi pemerintah daerah negara-negara anggota CTI untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran yang baik bagi para pemimpin daerah tentang pengelolaan pesisir, dan pengembangan dan pemasaran. Sehubungan dengan hal dimaksud, CTI-CFF Indonesia mengirimkan 3 (tiga) perwakilan Kepala Pemerintahan Daerah, yaitu Walikota Ambon, Bupati Wakatobi, dan Wakil Bupati Buleleng untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kesepakatan pada pertemuan ini tertuang dalam Manila LGN Declaration (terlampir).
  4. Demi lebih memperkuat pengintegrasian dan koordinasi kegiatannya, CTI-CFF Indonesia National Plan of Action direncanakan akan diperkuat statusnya menggunakan Keputusan Presiden (Keppres) serta menyusun Keputusan Presiden (Keppres) mengenai Komisi Nasional CTI-CFF Indonesia yang beranggotakan para pemangku kepentingan di Indonesia.
  5. Menetapkan penyelenggaraan the 3rd Coral Triangle – Regional Business Forum (CTRBF) pada tanggal 25-27 Maret 2013 di Nusa Dua, Bali yang akan mempertemukan para pengambil keputusan (Pemerintah) dari para anggota CT6, sektor swasta, praktisi dan stakeholders untuk mendorong terciptanya pembangunan berkelanjutan dan menjajaki berbagai peluang promosi dan omplementasi bagi pengelolaan sumberdaya kelautan pada level regional, nasional dan lokal di wilayah segitiga terumbu karang.