Thursday, 15 January 2015

Lokakarya Nasional CTI-CFF

Pertemuan ini diselenggarakan dengan tujuan melaporkan perkembangan kegiatan dari masing-masing pokja, menentukan rencana kegiatan serta memasukkan kegiatan hasil kesepakatan the 2ndCTI-CFF Regional Priority Workshop (RPW2) ke dalam rencana kegiatan masing-masing Kementerian / Lembaga terkait.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan bahwa kegiatan yang terkait hasil RPW Manado sebagaimana disebutkan pada konsensus dimaksud akan dimasukkan ke dalam masing-masing kegiatan K/L terkait sebagaimana
matriks terlampir. Namun demikian, K/L terkait koordinator pokja CTI-CFF Indonesia masih perlu melakukan pertemuan bersama anggotanya dan mengundang pokja Monev, Peningkatan Kapasitas serta Tim Ahli untuk hadir dalam masing-masing pertemuan pokja dengan jadwal yang sudah disepakati demi penyelarasan kegiatan hasil NPW.

Demikian juga yang disampaikan oleh Sesditjen KP3K KKP pada sesi penutupan pertemuan dengan mengusulkan suatu pertemuan lanjutan difasilitasi oleh Seknas CTI-CFF yang diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 sebelum pertemuan the 9th CTI-CFF Senior Officials Meeting (SOM 9) yang direncanakan akan diselenggarakan pada awal bulan November 2013 di Manila, Filipina.

Selain hal tersebut di atas, ada beberapa usulan tindak lanjut yang dapat kami sampaikan sebagai berikut :

  1. Sehubungan dengan telah berdirinya gedung CTI Center di Manado, ratifikasi dokumen pengesahan Sekretariat Regional CTI-CFF harus segera dilakukan agar dapat mulai beroperasi pada tahun ini.
  2. Sejak masuknya prakarsa CTI-CFF dalam APEC Leader Declaration, APEC Summit 2007 di Sydney, Australia dan dideklarasikan pada CTI Summit Leaders Declaration tahun 2009 lalu di Manado, maka kami berharap dapat digaungkan kembali dengan mengusulkan adanya pertemuan tingkat tinggi CTI-CFF pada sela-sela pertemuan APEC Summit yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober di Bali, Indonesia.
  3. Demi menentukan dan menyelaraskan kegiatan prioritas usulan dari pertemuan NPW dimaksud ke dalam Rencana Strategis kegiatan tahun 2014, kami berharap kiranya pertemuan tingkat Eselon I antar Kementerian / Lembaga terkait dapat diselenggarakan dalam waktu dekat.