Thursday, 22 January 2015

Pertemuan Lokakarya Nasional Penguatan Kerjasama Walikota dan Bupati Pesisir Se-Kawasan Segitiga Karang di Indonesia

20141220_163405

Pertemuan ini mengundang 56 (lima puluh enam) Bupati / Walikota Pesisir yang sebelumnya telah hadir pada pertemuan Bupati dan Walikota Pesisir se-Kawasan CTI tanggal 2-4 Desember 2014 lalu di Kab. Buleleng, Bali. Tujuan diselenggarakannya lokakrya ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kolektif pemerintah Kabupaten/Kota dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut melalui kerjasama pengembangan SDM kelautan dan konservasi khususnya dalam penerapan National Plan Of Action (NPOA) dari CTI CFF. Selain itu hal yang diharapkan dapat dicapai dalam lokakarya ini adalah disepakatinya Bentuk (Prototype) Kerjasama antar Bupati dan Walikota Pesisir.
Dalam pertemuan ini dihasilkan draft awal Statuta Pendirian Asosiasi Pemerintah Kabupaten / Kota Pesisir Indonesia (APKPI) yang ditandatangan oleh Dewan Konstituante Komite Pembentukan Asosiasi Pemerintah Kabupaten / Kota Pesisir Indonesia, yang beranggotakan perwakilan Kabupaten / Kota dan seluruh peserta yang hadir. Terdapat beberapa masukan dan kesepakatan tindaklanjut terkait rencana kegiatan diantaranya sebagai berikut :
A. Draft asli Statuta sebagaimana dimaksud dalam poin 3. akan disirkulasi oleh Pemkab Wakatobi untuk melengkapi tandatangan dari seluruh peserta yang hadir.
B. Diharapkan adanya MoU terkait dengan penguatan kerjasama antar kepala daerah untuk dapat semakin memperkuat Networking antar kepala daerah Se-Kawasan Segitiga karang Indonesia;
C. Terkait dengan adanya illegal Fishing, dan potensi kelautan kita yang sangat besar,yang dimana kita mengalami banyak kerugian,dengan permasalahan tersebut sangat diiharapkan adanya penguatan kerjasama antar Kepala Daerah;
D. Perlunya penguatan Pendirian APKPI oleh Surat Keputusan di tingkat Nasional;