Monday, 20 February 2017

NPOA CTI CFF periode 2016-2020 menuju finalisasi

WhatsApp Image 2017-02-14 at 11.44.21

Bogor, 14 Februari 2017. Bertempat di Grand Savero Hotel Bogor Jawa Barat, berlangsung pertemuan guna membahas Sosialisasi hasil dari Senior’s Official Meeting (SOM) 12 dan finalisasi Rencana Aksi Nasional (National Plan of Action/NPoA). Pertemuan yang di buka oleh Deputi SDA dan Jasa Kemenko Maritim. Dalam pembukaannya menegaskan  CTI-CFF, adalah milik Indonesia maka kita yg harus mengelola bukan negara lain maka sudah kewajiban kita untuk mengelolanya untuk kesejahteraan rakyat. Dalam hal ini Indonesia sedikitnya menggelontorkan $ 370.000  per tahunnya untuk kontribusi Indonesia sebagai anggota, kerjasama yang dieproleh dengan mitra, LSM, dan mendapatkan program-program yang berguna bagi Indonesia.

Adapun agenda pada pertemuan kali ini diantaranya sejauh mana program-program CTI-CFF yang sejalan dengan program-program pemerintah, capaian NPOA CTI-CFF Indonesia di tahun 2016 dan rencana kegiatan CTI-CFF Indonesia di tahun 2017. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari Kementerian atau lembaga (K/L), Non Goverment Organizatation (NGO), serta Sekretariat Komite Nasional (Setkonas) CTI-CFF Indonesia.

Sesuai dengan Kepmenko Maritim No. 9/2016 tentang Setkonas CTI-CFF Indonesia, Pokja berjumlah 8 (5 Substansial, 3 Supporting).  Dalam rangka focusing dan efisiensi diusulkan revisi pada tahun ini disederhanakan menjadi hanya 5 Pokja substansial (3 pokja supporting akan langsung melekat pada masing-masing Pokja substansial) serta meninjau kembali peran Tim Pakar.  Terkait hal ini, maka Kepmenko dimaksud perlu direvisi karena perubahan Pokja, peran Tim Pakar dan perubahan organisasi pada K/L.

Pimpinan Komite Nasional (Komnas) CTI-CFF Indonesia pada waktu yang bersamaan di kantor Kemenko Maritim di Jakarta, disampaikan beberapa masukan Menko Maritim diharapkan dapat memasukkan Marine Debris dan oil spill, sebagai salah satu target yang perlu ditambahkan NPOA. Sebelum diadakannya pertemuan lanjutan yang direncanakan pada tanggal 23-24 Februari 2017, Costing NPOA , maka masing-masing Pokja agar mempersiapkan bahan terkait draft final matriks NPOA sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut.