Monday, 20 February 2017

Indonesia dan Duta Besar Negara CTI-CFF Berkomitmen Untuk Mengembangkan CTI-CFF

WhatsApp Image 2017-02-20 at 13.15.00

Jakarta, 20 Februari 2017, Bertempat di Gedung  Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Isu konservasi lingkungan laut dan perlindungan satwa laut serta kesahatan laut merupakan prioritas  secara global. Terkait dengan ancaman pemanasan global yang dapat mempengaruhi ekosistem laut dunia yang dimana negara-negara dunia ikut bekerjasama untuk menghadapi isu tersebut. Indonesia telah berkomitmen sejak lama untuk melakukan perlindungan di bidang koservasi lingkungan dan satwa laut.

Indonesia dalam hal ini telah berkomitmen yang nyata dalam pembentukan inisiatif perlindungan lingkungan laut dia area segitiga karang dunia. CTI-CFF adalah bentuk kerjasama konkrit antar negara diarea dengan konsentrasi biodiversiti laut tertinggi untuk mengelola laut secara berkelanjutan. Pertemuan dipimpin oleh Bapak. Havas Oegroseno, Deputi Kedaulatan Maritim dan dihadiri oleh perwakilan kedutaan Filipina, eselon 1 lingkup Kemenko Maritim dan Bapak Sjarief Widjaja Sekjen KKP serta Bapak Widi Agoes Pratikto Executive Director Sekretariat Regional CTI-CFF.  Pada pertemuan hari ini hanya perwakilan Filipina yg hadir dikarenakan Dubes dari negara lain sudah berangkat ke Bali untuk mengikuti World Ocean Summit.

Bapak Sjarief Widjaja menyampaikan agar K/L terkait perlu ditingkatkan keterlibatannya pada CTI-CFF dan CTI-CFF merupakan peluang besar utk meningkatkan perekonomian regional, salah satunya melalui wisata bahari. Dengan berpeluangnya  Brunei, Vanuatu dan Fiji menjadi angota baru dari CTI-CFF, sedangkan USA dan Australia akan dicoba untuk ditingkatkan keanggotaannya menjadi negara anggota (saat ini USA dan Australia berstatus sebagai developing partner). Selain kontribusi negara-negara lain, kontribusi Indonesia kepada Regional Secretariat perlu di valuasi secara numerik, untuk memudahkan dalam memperlihatkan investasi Indonesia pada CTI CFF.

Dalam sela-sela World Ocean Summit  yang akan diselenggarakan 22-23 Februari 2017, di Bali direncanakan diadakan pertemuan bilateral antara Bpk Menko Maritim dengan Menteri/Dubes negara-negara  CTI CFF untuk membicarakan materi terkait CTI CFF dan rencana pertemuan tingkat menteri pada tanggal 2 Maret 2017 di Jakarta. Pertemuan pada tanggal 2 Maret 2017 akan membicarakan terkait pelaksanaan CTI Leaders Summit, mengangkat nama CTI-CFF ke level global, penyusunan matriks peran setiap K/L pada CTI CFF, kontribusi setiap negara untuk  CTI-CFF.