Tuesday, 20 June 2017

Selamatkan Laut Kita, Stop sampah Plastikmu

IMG_2075

Jakarta, Coral Triangle Day (CT-Day/Hari Terumbu Karang Dunia) diperingati setiap tahun oleh keenam negara anggota CTI-CFF yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Solomon setiap tanggal 9 Juni. Hal ini dipilih dan ditetapkan secara aklamasi pada CTI-CFF Ministerial Meeting ke-4 (MM 4) tahun 2012 di Putrajaya, Malaysia dikarenakan sehari sebelumnya, yaitu tanggal 8 Juni telah terlebih dahulu diperingati sebagai Hari Kelautan Dunia.

Segitiga karang atau coral triangle adalah sebutan untuk wilayah geografis perairan lebih dari 6.500.000 km², dengan lebih dari 600 spesies terumbu karang dan meliputi 76% semua spesies terumbu karang yang ada di dunia dan merupakan ekosistem laut paling subur. Kawasan segitiga karang yang meliputi Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste merupakan sumber kehidupan bagi 120 juta lebih orang di daerah pesisir, serta ribuan unit usaha baik kecil maupun besar di sektor perikanan dan pariwisata, tambahnya.

Wilayah ini terkenal dengan keanekaragaman jenis flora dan fauna endemik, hutan hujan tropis, terumbu karang, hutan mangrove yang luas, dan juga beberapa species padang lamun. Lebih dari 3.000 spesies ikan termasuk ikan paus, lumba-lumba, pari, hiu, duyung dan ikan terbesar di dunia (paus hiu) menjadikan wilayah segitiga karang sebagai tempat hidup. Belum lagi, 6 (enam) dari 7 (tujuh) spesies penyu laut bertelur, mencari makan dan bermigrasi di kawasan ini.

Rusaknya terumbu karang ini disebabkan oleh pembangunan di wilayah pesisir, pembuangan limbah dari berbagai aktivitas di darat maupun di laut, sedimentasi akibat rusaknya hulu dan daerah aliran sungai, pertambangan, penangkapan ikan merusak dengan menggunakan sianida dan alat tangkap terlarang yang tidak ramah lingkungan, pemutihan karang akibat perubahan iklim, serta penambangan terumbu karang.

Pada tahun ini tema CT-Day adalah “Curbing Marine Debris – Reduce Your Plastic Waste!”, di mana Indonesia mengangkat sub tema “Selamatkan Laut Kita, Stop Sampah Plastikmu!”.

Rangkaian kegiatan ini berupa Talk Show, Pemutaran Film, Pameran Mini, Musik, Diskusi, Live Tweet, Doorprize dengan peserta 50 orang dari Kementerian/Lembaga dan 250 orang pemuda/i yang terdiri dari vlogger, blogger,young environmentalist, kader konservasi dan duta karang.

Pada kegiatan ini diadakan Talkshow dengan tema utama Selamatkan Laut Kita, Stop Sampah Plastikmu!”, dimoderatori oleh Dayu Hatmanti (Miss Scuba International 2011) dengan narasumber Aryo Hanggono (Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumberdaya Laut, KKP); Elvi Wijayanti (Sekretaris Deputi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim); Sudirman (Direktur Pengelolaan Sampah, Ditjen PSLBBB, KLHK); Hamish Daud (Public Figure); dan Trinity (Penulis).

Melalui rangkaian perayaan CT-Day tersebut, KKP berharap agar inisiatif kelompok masyarakat dalam merayakan Hari Segitiga Karang 2017 tidak hanya berhenti pada kegiatan seremonial, namun dapat menjadi gerakan yang memasyarakat secara luas dalam mewujudkan Indonesia bebas sampah plastik di Laut.